Monday, April 29, 2019

Million Dollar Bill Bahasa Indonesia Jilid 1 - Prolog

Prolog - vs Abad 20


Seorang musisi lusuh dengan biola hinggap di bahunya. Beberapa pria muda bersumpah atas badai sambil memegang gelas bourbon di tangan mereka. Pintu berayun dengan engsel yang hilang berderit karena bartender pemalas tidak pernah peduli untuk memperbaikinya.

Jika kau mempertimbangkan bagaimana kedua koboi yang duduk di meja di sebelahku menatap kartu mereka dengan wajah serius, jelas bahwa kemampuan mereka untuk bermain poker lebih rendah daripadaku. Kalian berdua harus mempekerjakan poker face kalian. Sepasang kartu As dan delapan berada di tangan Wild Bill Hickok sebelum dia mati, tetapi mengapa kau terlihat begitu bahagia dengan tangan orang mati itu?

Aku diam-diam minum segelas susu dan mengosongkan gelasku.

Setiap kali suara gelas bir berdenting bersama keluar dan lagu - lagu daerah dinyanyikan dengan riang, kota ini menjadi lebih kaya.

Perhentian terakhir dari jalur kereta api di sisi barat negara, End of the Frontier (Ujung Perbatasan). Itulah sebutan orang-orang pada kota ini.

Kota Sacramento, stasiun kereta api terakhir di ujung barat jalur kereta api lintas benua tempat matahari bersinar terang.

"Masih belum?"

Aku menoleh untuk melirik meja agak jauh dariku. Sepertinya akan memakan waktu sedikit lebih lama sebelum hasil dari taruhan keluar.

Dipimpin oleh kebosananku, aku perlahan-lahan menurunkan pandanganku ke gelas yang telah kuletakkan di atas meja. Aku bisa melihat bayanganku di sisi gelas tempat buih-buih putih meluncur.

Mungkin karena aku memiliki pekerjaan yang tidak mengharuskanku untuk sering melihat cermin, tetapi sesuatu tentang refleksiku sendiri, yang sudah lama tidak kulihat, tampak aneh bagiku.

Selain ketika aku pergi tidur, aku tidak akan pernah melepaskan topi di kepalaku bahkan ketika di dalam ruangan. Selain itu, di antara kemeja Bondi biru berkerah panjang dengan garis-garis vertikal oranye dan rompiku, syal compang-campingku bertindak seperti dasi ascot.

Berapa lama aku menghargai pakaian ini?

Jika setahun yang lalu, aku akan membuang pakaian-pakaian tua ini lebih cepat.

Aku memutuskan untuk menyandarkan tubuhli di meja dan melihat ke dalam gelasku dengan cermat.

Rambut hitam yang cukup panjang untuk melewati hidung dan mataku. Itu mungkin karena ketajaman wajahku secara keseluruhan dan fakta bahwa celah mataku miring secara harmonis bersama dengan alisku, tetapi wajahku, yang sering dikatakan orang tampak dengki dan tajam, akan selalu tampak tidak puas terlepas dari apakah aku menginginkannya atau tidak.

Aku merasa kulitku sangat lebih halus setahun lalu.

Aku heran mengapa aku menjadi seperti ini. Aku memaksakan diriku untuk menelan ratapan dan penyesalan tak berarti dan terus mengacau tanpa tujuan dengan gelas di tanganku. Sudah setengah tahun sejak aku mulai hidup seperti ini. Aku harus mulai menerima situasiku dan terbiasa dengan gaya hidup baruku.

"Pemilik."

Setelah memutar gelasku beberapa kali, aku melihat ada celah turun dari bagian atas cangkir ke bagian bawah. Gelas ini pecah. Aku mengetuk meja dua kali dengan bagian bawah kaca. Ini adalah permintaan diam-diam agar gelasku diganti.

“Retak, ya? Berikan sini.”

Bartender membilas gelas satu kali sebelum memeriksanya dengan satu tangan. Dia kemudian menempatkan selembar uang dolar di atas meja. Apa yang ingin dia lakukan?

"Pelanggan, aku hanya meminta untuk memastikan, tetapi kau tidak berencana untuk menggunakan celah ini sebagai alasan untuk meminta gelas lagi setelah selesai minum, kan?"

Aku menyeringai padanya tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Aku tidak setidak tahu malu.

“Aku sudah berlatih akhir-akhir ini, jadi ini adalah kesempatan bagus. Biar kutunjukkan sesuatu yang menarik.”

‘Meskipun itu tidak luar biasa,’ bartender menambahkan sebelum mencubit sudut selembar dolar di antara jari telunjuk dan ibu jari.

"Pemilik, Apa kau akan menunjukkan 'itu' hari ini juga?"

Pelanggan bar yang sedang minum di dekatnya berkumpul di sebelahku. Mereka semua fokus pada tangan bartender.

"Hoh."

Apakah dia akan menunjukkan kepada kita trik sulap? Aku mulai bosan, jadi ini bagus. Aku menaruh harapan pada hiburan yang tak terduga ini dan bersiul.

"Apa kau pernah melihat alkimia secara langsung?"

Bartender itu membuat wajah serius ketika dia menanyakan itu padaku. Pernahkah aku melihat alkimia secara langsung? Itu adalah pertanyaan yang sulit dijawab. Di saat seperti ini, yang terbaik adalah memberikan jawaban yang ingin didengar orang lain.

"Tidak."

"Kalau begitu perhatikan dengan seksama."

Bartender dengan penuh kemenangan mengembalikan pandangannya ke uang dolar di konter.

Kupikir dia akan mengambil sudut dolar, tetapi bartender benar-benar mengambil sesuatu yang tidak memiliki bentuk fisik.

Begitu bartender mengangkat tangannya, sesuatu semi-transparan dengan wajah presiden berjambul keluar dari dolar. Roh transparan persegi panjang itu terlihat sangat mirip dengan dolar sehingga jika uang kertas memiliki jiwa, maka mungkin akan terlihat seperti ini.

"Aku berkonsentrasi, jadi diamlah."

Semua orang sudah diam dan bartender sudah tahu ini, tetapi tampaknya dia tidak bisa menahan diri dan mengatakan itu untuk membuat apa yang dia lakukan tampak sedramatis mungkin.

Setelah roh semi-transparan sepenuhnya ditarik keluar dari uang dolar, tinta yang tercetak pada dolar memudar tanpa jejak. Itu menjadi selembar kertas kosong. Dolar kehilangan nilainya.

"Ini adalah salah satu dasar alkimia Dunia Baru, 'Ekstraksi Nilai'."

Bartender itu dengan bangga melambaikan roh uang dolar di depan wajahku. Aku memandangi objek berkibar yang memancarkan cahaya biru redup dan tersenyum.

Ekstraksi Nilai. Keahlian dasar di antara keterampilan dasar alkimia Dunia Baru yang mampu mengekstraksi nilai umum dari hal-hal seperti uang, logam mulia, dll.

"Ini adalah 'nilai' yang kau ambil dari dolar, kan? Sangat menarik untuk melihatnya dari dekat seperti ini.”

Bartender itu tertawa penuh kemenangan begitu aku mengikuti penampilannya dan memijat egonya.

"Haha, Amerika Serikat penuh dengan alkemis akhir-akhir ini. Kau bisa menemukan setidaknya yang masih hijau sepertiku di hampir setiap kota.”

Seperti yang dikatakan bartender. Berbeda dari alkimia di Eropa yang menuntut bakat tinggi dan pembelajaran sistematis, prinsip alkimia Amerika Serikat agak sederhana, jadi ada cukup banyak orang yang tahu cara menggunakannya bahkan tanpa memiliki bakat sebelumnya.

"Pemilik, berhenti ngobrol dan tunjukkan kami bagian selanjutnya."

Pelanggan bar, yang telah berkumpul di sekitar konter, mendesak bartender untuk melanjutkan.

Sejujurnya, aku mulai bosan dengan sandiwara ini, jadi aku ingin pergi, tetapi jika aku pergi sementara aku masih menunggu”hasil taruhan", maka aku tidak hanya akan melewatkan pertunjukan, tetapi aku akan kehilangan kemenanganku juga. Aku memutuskan untuk tetap duduk.

"Dan ini, 'Pemberian Nilai'."

Dasar lain dari alkimia Dunia Baru. Teknik yang memberikan nilai yang diekstraksi ke objek lain.

Begitu bartender itu membentangkan jari-jarinya di atas gelas kaca,”nilai" yang tampak seperti jiwa uang dolar jatuh ke dalam gelas itu dan diserap ke dalamnya.

"Ooh!"

Para penonton mengeluarkan suara takjub pada saat yang bersamaan. Retak di gelas membaik dengan cepat. Noda dan goresan pada gelas jugamenghilang dalam sekejap.

Gelas lama menjadi baru dalam sekejap mata.

Sorak-sorai dan tepuk tangan merebak saat bartender mengangkat gelas di udara. Kedua lelaki yang fokus pada pertandingan poker mereka dari jarak yang cukup dekat melotot ke arah kebisingan karena kesal, tapi sepertinya tidak ada seorang pun selain aku yang memperhatikan.

"Itu mengesankan."

Aku menerima gelas dan berpura-pura memeriksanya seolah-olah aku kagum.

Objek yang secara artifisial diberi nilai melalui alkimia, sebuah Dana. Kau dapat mengatakan bahwa gelas gelas ini, yang telah diberikan nilainya oleh bartender, adalah Dana yang luar biasa.

Itu adalah tren baru yang menggerakkan Amerika Serikat. Nilai didefinisikan oleh alkimia Dunia Baru sebagai kekuatan yang dapat menggerakkan dunia. Bahkan uang kertas memiliki kemampuan tersembunyi untuk memperbaiki kaca yang pecah.

Makna filosofis dari nilai adalah 'pentingnya suatu benda bagi manusia'.

Melalui tindakan pemberian nilai secara paksa ke objek lain setelah mengekstraksi nilai dari hal-hal seperti uang dan logam mulia, alkimia Dunia Baru membalik arah sebab akibat. Oleh karena itu, ini menciptakan signifikansi dalam mendukung nilai yang diberikan pada berbagai hal.

Ekstraksi Nilai dan Pemberian Nilai. Karena kedua hal ini adalah dasar dari alkimia Dunia Baru, mereka semua ada di sana untuk itu.

"Aku tidak menyangka seorang 'Pengelola Dana' akan menjual alkohol."

Untuk membedakan mereka dari para alkemis di Dunia Lama, kami menyebut para alkemis Dunia Baru yang membuat dan menggunakan Dana, 'Pengelola Dana'.

"Aku ini masih anak baru. Jangan terlalu memujiku.”

Bartender itu melambaikan tangannya dengan malu. Tampaknya dia tahu bahwa dia tidak bisa menyebut dirinya seorang Pengelola Dana jika yang bisa dia lakukan hanyalah memperbaiki celah-celah di cangkir.

Jika kau berpikir tentang hal sebaliknya, meskipun ambang batas untuk belajar alkimia DUnia Baru sangat rendah sehingga bahkan orang normal dapat menempatkan kaki mereka di pintu, penggunaannya tidak terbatas, sehingga sulit untuk dikuasai. Sederhananya, kau dapat menyebutnya kekuatan yang dapat meningkatkan segalanya.

“Aku pasti gugup karena sudah lama sejak aku melakukan ini. Tubuhku rasanya kaku semua."

Bartender itu sangat bangga pada dirinya sendiri sehingga dia tampak seperti seorang politisi yang baru saja mencapai prestasi besar. Sejauh yang bisa kukatakan, dia baru saja belajar bagaimana cara mengekstraksi dan memberikan nilai, tetapi tampaknya dia cukup bangga tentang memperbaiki sebuah gelas.

Yah, aku tidak bisa bicara banyak karena aku tidak bisa menggunakan alkimia.

"Terima kasih untuk pertunjukannya."

Aku akhirnya menonton seluruh sandiwara ini. Aku melemparkan bartender koin dan membalikkan punggungku ke konter untuk melanjutkan menonton hasil taruhanku. Sepertinya acara utama yang kutunggu-tunggu akan segera dimulai.

"Coba tebak siapa namaku, Sayang."

Ada sepasang suami istri yang saling berbisik-bisik di meja di hadapanku. Sudah dimulai.

Pasangan itu adalah wanita Kaukasia yang tampak seperti pelacur dan pria Kaukasia yang mengenakan setelan bagus dan ramping. Dia memiliki cincin emas di setiap jari di samping ibu jarinya, jadi dia tampak seperti orang kaya baru. Dia tinggi dan memiliki wajah dipahat, tetapi dia adalah salah satu dari orang-orang yang selalu memiliki senyum sombong di wajah mereka.

"Tidak bisakah kau memberiku petunjuk?"

Dia memiliki suara yang agak manis yang membungkus telingaku. Pelacur itu menggoyangkan pinggulnya dan bernapas ke telinga pria itu. Pria itu tampaknya telah mengerti bahwa sikap implisit sebagai kode Morse dan menyapu rambut gelap hijaunya dengan minyak rambut yang terbuat dari minyak beruang dan meraih dagu wanita itu.

"Coba pikir. Kasar tapi lembut. Menakutkan tapi memikat. Semacam itulah.”

"Mm ···."

Wanita itu membuka kancing kedua pada kemeja pria itu dan memasukkan jarinya ke dalam. Aku bisa melihat kunci tergantung dari leher pria itu bersama dengan tato yang terlihat seperti rantai atau kalung.

Jika wanita itu memiliki pengalaman hidup atau membaca beberapa buku, maka dia mungkin akan tahu bahwa jawabannya adalah Bill, tetapi, sayangnya, tampaknya kepala wanita itu sama kosongnya dengan gelas yang telah kukosongkan.

"Alex."

"Tidak."

"William?"

"Tidak, tidak."

"Terus, Theodore?"

"Tidak, tidak, tidak."

Pria itu menggelengkan jari telunjuknya. Dia sengaja melambaikan jarinya mengetahui bahwa tatapan wanita itu akan mengunci cincin di jarinya. Dia pamer.

"Aku menyerah. Aku tidak tahu.”

Menyerah setelah menebak hanya 3 nama? Sungguh kepribadian yang busuk. Aku bertaruh bahwa ketiga nama itu adalah nama-nama cinta pertamanya, mucikari yang merawatnya ketika dia dulu bekerja di rumah pelacuran, dan pelanggan paling tampan yang dia miliki baru-baru ini.

"Bagaimana kau bisa menyerah begitu cepat, kucing manisku?"

Orang itu membiarkan lensa kuarsa kacamatanya dipenuhi asap, biasanya dipakai oleh orang-orang dengan sifilis (penderita sifilis sensitif terhadap sinar matahari), disinari cahaya saat dia meraih wanita dengan dagunya.

"Namaku C⎯I⎯N⎯T⎯A."

Sepertinya susuku sudah kadaluwarsa. Aku langsung merasa sakit. Jika aku tidak berjanji sebelumnya bahwa aku tidak akan ikut campur, maka aku akan menghantamkan kursi ke rahang bawah pria itu.

"Apa kau tahu mengapa namaku Cinta?"

"Aku tidak punya ide."

Jujur, AKu bisa medebak bagaimana mesra-mesraan orang ini akan berakhir. Yah, itu sudah pasti. Bagaimana aku tahu? Itu karena···.

"Karena···."

Dia melepas kacamata hitamnya dan menyeringai.

"Cinta itu buta."

"Kyaa !"

Boo! Apa kau terkejut?

Ada sepasang mata kaca hitam pekat di tempat-tempat seharusnya matanya. Dia tidak sifilis, dia tunanetra.

Wanita itu begitu ketakutan sehingga pintu ayun yang sudah longgar terlepas dari engselnya ketika dia berlari keluar. Bartender itu berteriak padanya untuk membayar pintu, tetapi pelacur itu tidak berbalik dan lari mati-matian seperti Lot ketika dia melarikan diri dari Sodom. 

"Lihat? Ini kemenanganku.”

Aku meletakkan tanganku di bahu pria itu dan tersenyum.

“Ini tidak masuk akal! Tidak mungkin hal sepele seperti tidak memiliki mata bisa menaungi pesona muliaku!”

"Bagaimana orang bisa menyukaimu ketika kau kelihatan seperti orang dengan sifilis?"

"Seorang perjakan sepertimu seharusnya tidak berbicara tentang penyakit seksual menular!"

“Bukannya aku tidak pernah punya kesempatan! Aku hanya membiarkan kekuatanku bertambah! Aku secara sukarela menghindari seks pranikah!”

"Tentu, apapun yang membantumu tidur di malam hari. Biarkan aku memberimu nasihat. Jangan katakana pada calon istrimu bahwa kau membiarkan kekuatanmu meningkat pada malam pertamamu. Itu akan menjadi punchline terburuk pada 3 menit kemudian.”

Orang itu meraih gagang tongkat emasnya yang dimodelkan setelah mati dan dengan ringan mengetuk lantai dua kali.



Nama Orang ini adalah Ray Charles. Dia seorang pengawas yang dikirim setengah tahun lalu oleh seorang alkemis pikun untuk menekanku agar cepat membayar hutangku. Nah, Ray dan aku sebenarnya memiliki hubungan yang hampir seperti mitra.

Tentu saja, itu jika kau menganggap kontrak bodohku dengannya di mana ia menutup mata terhadap pengeluaran sepeleku seperti alkohol dan barang-barang lainnya selama aku membeli senjata, peluru, dan hal-hal lain yang secara eksklusif darinya sebagai hubungan antara mitra.

Dia mungkin bajingan kotor yang lebih peduli pada kepentingan pribadinya daripada menjalankan perintah tuannya dengan setia, tetapi jika pria setengah hati ini bukan pengawasku, maka aku akan menjadi gila sejak dulu.

Tentu saja, karena orang ini menjual senjata dan peluru dengan harga yang sangat lebih tinggi dari harga pasar normal, aku hanya bisa minum susu bulan ini. Jadi terlepas dari apakah dia setia pada tugasnya atau tidak, aku bahkan tidak bisa minum sedikitpun.

Di sisi lain, jika aku harus berbicara tentang kepribadiannya, Ray mungkin menyebalkan, tapi dia menghirup udara segar karena kami memiliki selera humor yang sama.

“Jujur, semua hal dipertimbangkan, aku memenangkan taruhan ini. Dia lari setelah melihat mataku, tapi dia tidak membayar bahkan menaruh perhatian sedikitpun pdamu. Kau harus mencoba untuk pamer dan mengenakan pakaian yang lebih baik. Berhentilah berjalan-jalan dengan pakaian kotor seperti pengemis.”

"Apa kau tahu betapa sulitnya memegang pistol ketika kau memiliki banyak cincin? Jangan bertingkah seolah kau tidak tahu ini.”

"Kalau kau semenarik aku, walaupun kau menempatkan dirimu di depan laras senapan. Wanita akan melemparkan tubuhnya di depanmu dan memblokir peluru."

Akan lebih baik menghirup udara segar jika orang ini juga manusia. Sehebat apa jadinya jika aku bisa menembakan peluru ke kepalanya setiap kali dia bicara? Sangat disayangkan bahwa dia tidak bisa dibunuh dengan peluru.

“Kau bukan hanya tidak memiliki mata, tapi kau juga bukan manusia. Para wanita harusnya pingsan.”

"Lihat siapa yang berbicara. Sejak 'hari itu', kau tidak bisa menyebut tubuhmu itu benar-benar manusia juga. Kau mungkin kehilangan kemampuan untuk bereproduksi. Siapa tahu? Kenapa tidak mengundang wanita cantik ke kamarmu dan memastikan itu masih berfungsi? Ah, apa terlalu sulit untuk si Bill kecil kita?”

"Dasar brengsek!"

Aku mengayunkan tinjuku ke perut Ray, tetapi dia mengelak dengan mudah.

Menariknya, meskipun Ray tidak memiliki mata, dia bergerak seolah-olah dia memiliki mata. Lebih mengesankan lagi, dia juga seorang pianis yang hebat. Ketika aku bertemu dengannya untuk pertama kali, aku bertanya-tanya bagaimana dia bermaksud mengawasiku ketika dia tidak memiliki mata, tetapi aku sudah tahu hal itu saat ini. Karena⎯

"Kyaah !"

Dua tembakan. Suara tembakan mengguncang salon.

"Sembunyi di bawah meja!"

"Ada pembunuhan!"

Bau asap dan darah membuatku mual.

Bartender dan pelanggan bar lainnya sudah berlindung saat aku menoleh untuk melihatnya. Jika kau mengecualikan si pembunuh, maka Ray dan aku adalah satu-satunya orang di bar yang masih berdiri dengan dua kaki.

Orang yang menembakkan pistol adalah salah satu dari orang-orang yang bermain poker di meja di hadapanku. Orang yang tertembak adalah orang yang memiliki dua pasang sebelumnya. Dari apa yang bisa kukatakan, sepertinya dia menang besar dan akan pergi setelah menyapu semua kemenangannya, tetapi terbunuh dalam perjalanan keluar.

Lihat? Sudah kubilang itu tangan sial.

“Bagaimana keadaannya seperti ini? Serius, sesuatu yang buruk selalu terjadi setiap kali kita datang ke tempat minum-minum."

Oh, mama mia. Satu peluru di punggung dan tengkoraknya. Cara darah dan otaknya tumpah ke lantai mengingatkanku pada beberapa hidangan Italia.

Ray mendengar celotehku dan terkekeh. Baca mood-nya, bung.

Orang yang menembak pistol berhenti segera melihat saku mayat itu dan menodongkan senjatanya padaku dan Ray.

“Hei, dasar sifilis! Berhenti tertawa! Aku akan membunuhmu!"

Ray segera menutup mulutnya. Sepertinya dia tidak bisa menemukan seorang wanita di dekatnya yang akan menjadi tameng manusia atau dia telah kehilangan kepercayaan pada pesonanya sendiri. Peluru tidak melakukan apa pun padanya, tetapi wajah kasar penjahat itu pasti telah mengintimidasi dirinya.

Pria itu bolak-balik antara kami dan mayat sebelum kembali untuk melihat saku mayat.

"Apa yang harus kita lakukan?"

Aku benci hal-hal yang mengganggu. Jika mereka tidak menguntungkan.

"Tunggu sebentar."

Ray menggerakkan tangannya dengan hati-hati agar lelaki itu tidak memperhatikan dan mengeluarkan setumpuk kertas tebal dari mantelnya.

"Mari kulihat."

Ray meluruskan tumpukan kertas cokelat sebelum membalik-baliknya.

Mereka semua adalah poster buronan. HIDUP ATAU MATI. Daftar penjahat yang kematiannya diperbolehkan.

Jujur, aku bisa menembaknya sampai mati atau melumpuhkannya sekarang jika aku mau, tetapi jika ternyata dia tidak ada di poster buronan, maka sheriff akan menginterogasiku.

Waktu adalah uang. Membuang-buang waktuku selama hari yang sibuk seperti ini benar-benar akan membuang-buang uang. Lebih penting lagi, aku tidak suka ide menghasilkan uang dari pembunuhan.

"Ketemu."

Dalam satu poster buronan yang Ray tarik dari tumpukannya, ada gambar seorang lelaki yang tampak identik dengan lelaki yang sedang menodongkan senjata ke kami. Mereka terlihat sangat mirip sehingga jika seseorang memberi tahuku bahwa pelukis realis telah melukiskan ini, maka aku akan percaya mereka.

"Benito Asbaje. Dia dari Mexico."

“Aku tidak peduli soal itu. Berapa hargany?"

Orang itu sekarang melotot pada kami sambil menorongkan punggungnya ke pintu ayun yang tersisa.

"95 dolar."

"Bagus."

"Apa yang kalian berdua bicarakan?! AKu akan membunuh semua orang⎯"

Sebelum aksen Meksiko-nya yang berisik dapat membunuh helai rambut halus di telingaku, aku menembakkan revolver kaliber 32-20-ku. Saus merah disemprotkan lebar dan jauh. Pelayan, ada satu porsi lasagna lagi di sini.

“Juga, orang pertama yang tertembak juga buronan. 80 dolar.”

Ray nyengir lebar.

"Winner winner chicken dinner."

Aku menggeledah kedua mayat dan mengambil semua kemenangan poker mereka. Aturan pertandingan ini adalah 'pemenang mengambil semua' dan aku adalah pemenangnya.

"Ayo kita cari uang kita."

Keuntungan tak terduga; Namun, jika aku berpikir tentang seberapa besar hutangku, kegembiraanku dengan cepat memudar.

"Kau tidak akan membelikanku bir?"

"Diam. Hisap saja sana tong-nya.”

Alasan mengapa aku tidak menembak Ray adalah karena dia juga orang materialistis sepertiku. Bepergian dengan seseorang yang memiliki nilai yang sama denganmu menyenangkan dengan caranya sendiri. Lagi pula, tidak ada yang lebih penting daripada uang. Aku menyelipkan selembar uang kertas di bawah cangkir kosongku dan keluar dari tempat minum-minum yang sekarang sunyi.

"Haa."

Aku mendorong pintu ayun, tetapi engsel terakhir akhirnya rusak. Aku mengangguk sedikit pada bartender yang memuncak pada kami di atas meja sebelum berbalik.

"Orang yang sangat pelit."

"Aku akan meninggalkanmu kalau kau terus mengoceh. Aku bisa menemukan seorang 'gadis' dengan atau tanpa bantuanmu.”

"Jangan salah paham. Kalau tuanku tidak memerintahkanku untuk mengawasimu agar memastikan kau membayar utangmu, aku tidak akan membantumu.”

"Bacot. Kau berniat mengambil potongan uang hadiah setelah kita menemukan gadis itu, kan?”

Karena kami memiliki kepribadian yang sama, sama-sama materialistis, dan tidak malu ketika berbicara tentang uang, jenis masalah yang sering kami hadapi ya sudah jelas. Masalah keuangan.

"Secara alami, aku akan dikompensasikan dengan jumlah yang aku kerjakan."

"Kau tidak cuma mengambil biaya sewa untuk senjata dan memberi label harga pada peluru, tetapi kau juga berencana untuk mengambil sejumlah uang hadiah?!"

"Baiklah. Kalau begitu mari kita lakukan ini. Rokok dan alkohol semuanya dilarang sekarang. Aku akan melaporkan semuanya kepada tuanku.”

"Kau akan mengancamku seperti ini?! Dasar bajingan kotor!”

"Kalau kau tidak menyukainya, maka hasilkan banyak uang."

Jujur saja, di zaman sekarang ini di mana aku harus bersaing dengan agen detektif terkenal dan Pengelola Dana, berkeliling dengan seseorang dari ras Mojo yang dikatakan profesional ketika datang ke Dunia Baru alkimia adalah kebetulan bagiku. Sulit untuk menyangkal bahwa orang ini mengambil sejumlah uang, tetapi kemampuan Ray adalah cukup luar biasa untuk membuatku mentolerir itu.

Salah satu kekurangannya adalah kenyataan bahwa aku tidak bisa menembaknya mati setiap kali dia menggangguku (Jika kau menembaknya, peluru itu menjadi bunga! Dia seperti peri dari dongeng!). Namun, jika itu hanya ini, maka aku bisa tahan dengan itu, sehingga tidak masalah.

Tidak, seperti yang kupikirkan, aku masih ingin menembaknya.

"Kami sudah istirahat cukup lama, jadi mari kita tukarkan mayat-mayat ini dan 'mencari' lagi. Beberapa umpan yang kita sebarkan seharusnya sudah diambil sekarang.”

Begitu aku mengangkat kedua mayat itu ke punggung kudaku, kuda mendengus tidak senang. Aku tahu, orang-orang Meksiko tidak sering mandi, jadi tubuh mereka pasti bau.

Tapi tunggu sebentar. Aroma tengik ini sedikit berbeda dengan bau badan Meksiko yang kuingat.

"Ah, binatang ini. Kau eek dengan mobil orang lain lagi.”

Ada tumpukan besar kotoran kuda di sebelah ban mobil yang diparkir di sebelah tiang listrik. Lebih baik kami pergi dari sini sebelum pemilik mobil kembali.

"Ayo pergi."

Aku meraih kendali dan berjalan di sepanjang sisi mobil yang berbaris di jalan bersama Ray.

Aku berjalan di sepanjang jalan sambil menggaruk setiap pintu mobil yang dicat indah dengan laras pistolku. Tidak ada alasan nyata mengapa aku melakukan ini. Aku hanya tidak suka melihat mereka.

Jalan yang kami lewati sudah ditempati oleh gedung-gedung tinggi 15 lantai. Dahulu kala, baik itu tempat minum-minum atau rumah tangga, mereka tidak pernah lebih tinggi dari dua lantai. Ketika pikiran-pikiran ini terlintas di kepalaku, mobil terus melintas sambil membunyikan klakson.

Sepertinya semua orang ingin pergi ke suatu tempat seolah-olah mereka takut akan ketinggalan pembangunan timur.

Sudah lama sejak pengintai yang melacak penduduk asli Amerika, sheriff dengan lencana, Texas Rangers, dan tiang gantung telah menghilang. Aku telah melihat lebih sedikit orang berkuda dan tren topi juga telah berubah.

Tempat minum Ray dan aku berada barusan, sesuatu yang biasanya kau lihat di kota-kota terbelakang selama zaman perintis, sebenarnya adalah sebuah bar yang menyewa lantai pertama sebuah gedung bertingkat tinggi. Saat ini, orang-orang yang tidak dapat melupakan aroma zaman sebelumnya akan berkumpul di tempat-tempat di atas bukit seperti ini yang didekorasi dengan gaya Barat Lama dan kartu remi.

Dunia telah berubah. Bahkan saat bermain kartu, ada bangau di suatu tempat di kota ini yang daya dukungnya ditingkatkan oleh Pemberian Nilai yang bergabung dengan bangunan.

Aku tidak mau mengakuinya, tetapi romantisme masa perintis telah sirna dan aku satu-satunya yang masih di abad 20.

Saat itu tahun 1906 di mana bahkan orang Indian Apache menjadi beradab dan sedang mencetak surat kabar.

"Ini baru 16 tahun sejak perintis berakhir, tetapi kota ini telah berkembang dengan kecepatan yang sangat menakutkan."

Dengan tenang aku menganggukkan kepalaku. Ray orang yang agak santai. 'Baru 16 tahun’? Sejenak aku lupa bahwa Mojo hidup lama sekali. Cukup banyak orang yang diberkati.

"Nah, di sebuah kota besar dengan populasi sekitar 400.000, bagaimana kita akan menemukan seorang gadis?"

"Aku tidak tahu. Ini mungkin akan sulit. Yah, tidak mungkin ada banyak gadis yang hidupnya sama sialnya dengan hidupnya.”

Ucap Ray.

“Untungnya, bisnis utamaku adalah menemukan orang.”

"Itu melegakan. Ketika aku pertama kali bertemu denganmy, kupikir kau adalah salah satu penembak cepat dari pertunjukan Wild West itu.”

Aku menggelengkan kepala.

Ray mengangkat bahu malu-malu.

Nah, jika aku harus jujur, maka aku memang pergi ke lapangan tembak di sirkus beberapa kali karena aku tidak bisa mendapatkan makanan akhir-akhir ini. Meski demikian, itu hanya pertunjukan sampingan. Pekerjaan utamaku adalah sesuatu yang lain.

Pekerjaan utamaku adalah menemukan orang. Mungkin ada orang di luar sana yang ingin tahu tentang apa yang kulakukan untuk hidup.

Kalau dipikir-pikir, sepertinya aku belum memperkenalkan diri.

Namaku Bill Withers. Seorang pemburu hadiah yang hidup pada tahun 1906.

Persetan soal abad 20.



⟵Back  -  Main  -  Next⟶

Related Posts

Million Dollar Bill Bahasa Indonesia Jilid 1 - Prolog
4/ 5
Oleh